5 Tahun Lagi Umroh Tanpa Travel Agent

0
13

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, memungkinkan 5 tahun lagi umroh tanpa travel agent loh. Gimana caranya?

Pergi umroh dengan cara backpacking menurut kebanyakan orang adalah cara berumroh tanpa travel agent atau biro perjalanan. Padahal sebenarnya tidak demikian. Untuk kepengurusan visa dan  beberapa hal seperti penjemputan di airport, masih membutuhkan biro perjalanan. Mengapa? karena pemerintah Arab Saudi sendiri yang belum membuka akses bagi perorangan mendapatkan visa umroh tanpa travel agent.

Kini, dengan kecanggihan teknologi dan perubahan sistem besar-besaran yang dilakukan pemerintah Arab Saudi 5 tahun lagi umroh tanpa travel agent sangat memungkinkan. Demikian yang dikatakan Ahmad Husaini, Founder umra.id saat menjadi pembicara dalam acara meetup bersama Startup Muslim Community, di kantor Codigo, Jakarta baru-baru ini.

Umra.id

Ahmad mengatakan, hanya dengan mendownload dan bergabung bersama umra.id masyarakat Indonesia bisa dengan mudah pergi umroh tanpa biro perjalanan. Fitur yang dimiliki umra.id memungkinkan masyarakat merencanakan perjalanannya sendiri, mulai dari booking tiket pesawat, hotel, hingga mengunjungi objek wisata yang ada di tanah suci.

“Untuk pengurusan visa umroh, nantinya bisa diurus secara perorangan seperti kita mengunjungi negara lain. Tapi bukan saat ini, InsyaAllah lima tahun lagi. Umra.id menyambut baik perubahan sistem ini. Semoga bisa terintegrasi dengan sistem umra. Sehingga jamaah dapat menikmatinya dengan maksimal,” terang Ahmad.

Baca juga : Apa yang Dilakukan oleh Penyedia Jasa SEO Terbaik

Selain itu, informasi yang dia menambahkan, pemerintah Arab Saudi juga akan membuat aturan baru bagi jamaah umroh. Dimana proses administrasi yang biasa dilakukan saat masuk dan keluar di bandara hanya akan dilakukan secara digital. Yaitu dengan menscan jam tangan yang dipakai para jamaah.

“Fitur di jam tangan itu sudah ada waktu penunjuk solat, bacaan saat umroh, GPS, ID jamaah berupa data administrasi jamaah, dan bila sedang menjalankan ibadah tersasar, maka jamaah bisa langsung menghubungi contact center sesuai dengan negara asal jamaah,” ucap Ahmad.

Meski saat ini umra.id belum bisa dinikmati oleh jamaah, karena masih harus memastikan sistem berjalan dengan baik dan terintegrasi dengan sistem yang tengah dibangun oleh pemerintah Arab Saudi. Ahmad meyakini bahwa, kehadiran umra.id nantinya akan menjadi solusi cerdas yang diminati masyarakat. Menurutnya, orang-orang yang pergi umroh adalah mereka yang berusia 25- 40 tahun yang membutuhkan kemudahaan dalam merencanakan perjalanan ibadah. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here