Beda Nasi Kuning di Jakarta dan di Kalimantan

1
37

Meski memiliki nama yang sama, nasi kuning di tiap daerah, punya rasa & tampilan berbeda. Cari tahu apa beda nasi kuning di Jakarta dan di Kalimantan, yuk!

Selain disantap saat acara istimewa, nasi kuning juga biasa dijadikan hidangan untuk sarapan. Di Jakarta maupun di Kalimantan, nasi kuning cukup favorit. Tak heran, tiap warung nasi kuning pasti dipenuhi pembeli. Meski punya nama yang sama, nasi kuning di Jakarta dan di Kalimantan rupanya berbeda. Mau tau detail beda nasi kuning di Jakarta dan di Kalimantan?

Nasi kuning Jakarta

Cara memasak nasi kuning Jakarta tidak berbeda jauh dengan membuat nasi uduk. Bahan yang dibutuhkan, antara lain beras, santan, air panas, daun salam, serai, garam dan tambahan kunyit untuk membuat beras atau nasi menjadi berwarna.

Sarapan nikmat dengan nasi kuning Jakarta

Lauk pelengkap yang biasa disajikan bersama nasi kuning Jakarta adalah, telur balado, bihun goreng, orek tempe, telur suwir, bawang goreng, irisan timun dan kerupuk. Selain itu, ada juga tambahan gorengan bakwan, tahu isi atau tempe.

Harga satu porsi nasi kuning bervarian. Mulai dari Rp 8.000 – Rp 15.000. Harga ini berbeda-beda tergantung banyak atau sedikit lauk pelengkapnya. Nasi kuning biasa dibungkus dengan kertas nasi berwarna coklat atau kemasan plastik khusus makanan.

Nasi kuning Kalimantan

Varian yang satu ini, tak kalah lezat loh. Nasi kuning Kalimantan umumnya disajikan dengan lauk berbumbu merah yang popular disebut masak habang. Lauknya, bisa telur, ayam atau ikan. Ada juga mie goreng dan tempe orek.

Baca juga : Rahasia Masakan Lezat yang Diterima Semua Lidah

Untuk ikan, kamu bisa memilih ikan bandeng, bawal, tenggiri, tongkol, ikan kembung. Dulu, untuk membuat haruan masak habang, satu-satunya ikan yang dipakai adalah jenis ikan gabus. Tetapi sekarang sulit mendapatkannya, sehingga ikan jenis apapun bisa dimasak.

Seporsi nasi kuning Kalimantan cukup membuat hari kamu bahagia

Bumbu merah yang jadi khas nasi kuning Kalimantan, didapat dari cabe merah besar yang dikeringkan. Walau berwarna merah, masakan ini tidak pedas. Malah cenderung manis, karena ada tambahan gula merah.

Satu porsi dihargai Rp 10.000 – Rp 20.000, tergantung dari pilihan lauknya. Nasi kuning disajikan dalam bungkusan daun pisang atau bisa juga dimakan langsung di tempat menggunakan piring. Dari kedua varian di atas mana nasi kuning favorit kamu? Dicoba keduanya saja, biar nggak penasaran. cs

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here