Begini Cara Jualan di Facebook dan Instagram

0
5

Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, membuat pengusaha baik skala kecil maupun besar mempromosikan atau jualan produknya di channel ini. Media yang paling mainstream dipilih adalah Facebook dan Instagram.

Cara berpromosi dan menjual produk di kelima media ini tentu berbeda-beda. Karena setiap channel memiliki kententuan masing-masing. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, ada baiknya pelajari tools dan ketentuannya, supaya maksimal dan tepat sasaran. Caranya?

Pertama, belajar sendiri. Menggunakan tools kelima media sosial ini untuk berpromosi atau berjualan sangat mudah. Karena memang sudah didesain sedemikian rupa agar friendly user. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris, pilih saja yang berbahasa Indonesia. Baca-baca beberapa artikel tentang tata cara penggunaannya. Setelah itu dipraktekkan secara terus menerus. Jangan pernah bosan ya.

Kedua, belajar di tempat kursus. Saat ini sudah banyak tempat kursus yang menyediakan program berjualan di media sosial. Kamu tinggal pilih saja. Range harganya pun bervariasi. Pilih tempat kursus yang benar-benar mengajarkan apa yang kita butuhkan. Dan, pastikan kita bisa berkonsultasi setiap saat. Supaya saat menemukan kendala bisa langsung diatasi.

Media Sosial yang Mudah Dioperasikan

Jika kita sudah punya ilmunya, pilih media sosial mana yang paling mudah dan kita kuasai untuk dioperasikan. Langkah awal mari kita berjualan di Facebook dan Instagram.

Facebook

Sosial media yang satu ini tentu sangat familiar. Untuk berjualan disini sangat mudah. Langkah pertama adalah membuat fan page untuk bisnis jualan online. Buatlah informasi detail tentang bisnis kamu di Fan Page tersebut dan rajinlah memposting konten ke dalamnya.

Baca juga : Efektifkah Promosi dari Mulut ke Mulut di Era Digital

Untuk menjangkau lebih banyak orang, para pebisnis online akan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur periklanan ini hanya bisa digunakan melalui Facebook Fan Page. Selain Fan Page, kamu juga bisa membuat group Facebook, di mana isinya adalah fokus membahas topik tertentu yang sangat berhubungan dengan produk yang kamu jual. Ini opsi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik ke bisnis kamu.

Instagram

Instagram berada di posisi kedua sebagai media sosial terbaik untuk promosi atau jualan online di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka mau berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan. Tidak heran jika sekarang ini ada banyak orang menggantungkan hidupnya dengan berbisnis online via Instagram. Bukan hanya berjualan produk saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa kita temukan di Instagram.

Ada dua cara untuk berpromosi atau berjualan disini. Pertama menggunakan ads manager yang ada pada Facebook. Sekali beriklan, ads kamu akan tampil di Facebook dan Instagram sekaligus. Biaya yang ditetapkan minimal Rp 10 ribu perhari. Cukup murah bukan? Kedua, beriklan melalui akun Instagram dengan biaya minimal $1. Hanya saja targeting melalui Instagram tidak detail seperti yang ada di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here