Bikin Bisnis Kuliner Tetap Lezat

0
17

Bisnis kuliner selalu disambut baik, apalagi jika bisa menyuguhkan makanan-makanan unik, inovatif dan lezat. Tetapi tidak semua pebisnis bisa bertahan lama di bidang ini. Mau tahu bagaimana cara bikin bisnis kuliner tetap lezat dan digemari?

Bisnis kuliner banyak diminati pebisnis pemula. Karena termasuk bisnis yang mudah dilakukan, apalagi jika kamu hobi memasak. Selain itu, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, perputaran uangnya pun cukup cepat dibanding bisnis lainnya. Bahkan, di bisnis kuliner, kamu bisa ambil untung hingga 50%.

Tetapi yang harus diwaspadai, bisnis ini cepat bangkrut dan banyak saingannya loh. Lalu, bagaimana bikin bisnis kuliner tetap lezat meski banyak kompetitor.

Buat Foto dan Video Ciamik

Ada istilah dari mata turun ke hati. Istilah ini berlaku untuk bisnis kuliner. Buat foto dan video yang menggugah selera siapapun yang melihatnya. Gunakan handphone dengan kualitas kamera yang baik. Untuk angle foto yang menggiurkan, bisa dipelajari melalui pinterest. Tambahkan dengan aksesoris yang mendukung seperti sendok, garpu, piring atau gelas-gelas cantik.

Konsisten dalam Rasa

Mereka yang terjun di bisnis kuliner pasti bisa masak. Tetapi sedikit yang mampu mempertahankan rasa masakan. Jadi apapun yang terjadi, jangan pernah menurunkan kualitas rasa masakan. Sekali saja customer kecewa dengan rasa yang kamu suguhkan, sulit untuk menarik mereka kembali. Hal ini yang dilupakan beberapa pengusaha kuliner. Awalnya, masakan mereka sangat sempurna baik rasa maupun penampilan. Tetapi setelah mendapatkan banyak customer, kualitas rasa menurun.

Inovasi Menu

Terus tingkatkan kemampuan kamu dalam memasak. Sehingga, dapat menyuguhkan menu-menu baru. Pasalnya, terkadang, customer bosan dengan menu yang sama.

Baca juga : Efektifkah Promosi dari Mulut ke Mulut di Era Digital

Media Sosial

Kamu yang hidup di era digital ini sangat beruntung. Dengan kecanggihan teknologi, pemasaran produk menjadi lebih cepat dan murah. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial. Facebook, Instagram, Pinterest dan Line bisa dijadikan tools pemasaran. di Facebook, ikuti group-group yang terkait dengan makanan. Jangan lupa rutin pasang iklan di Facebook, Instagram dan Line. Fast respon saat ada customer yang bertanya.

Keep in Touch

Meski, bisnis kamu masih terbilang kecil. Hubungan baik dengan customer harus tetap dijaga. Misalnya seminggu sekali, memberikan informasi terbaru mengenai menu baru atau promo-promo terkait produk. Atau bisa juga sekedar menanyakan kabar.

Sedekah Kunci Sukses dalam Berbisnis

Semakin banyak bersedekah, maka bisnis yang kamu bangun semakin berkah dan diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala. Bila perlu ajak customer kamu terlibat dalam program sedekah ini, misal membuat program tebar sedekah Jumat. Buat menu-menu khusus untuk mendukung program tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap terjun di bisnis kuliner? Bismillah saja, kamu pasti bisa bikin bisnis kuliner tetap lezat dan digemari banyak orang. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan fokus. Karena, usaha yang dijalankan dengan baik tidak pernah mengkhianati hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here