Cerdas Memanfaatkan Buah Imperfect

0
36
Buah strawberry imperfect

Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara penghasil food waste atau limbah makanan tertinggi di dunia. Wow! Bukan prestasi yang membanggakan tapi ini harus diatasi. Yuk, cerdas memanfaatkan buah imperfect.

Buah imperfect merupakan buah yang tidak masuk kualifikasi untuk dijual di pasaran. Entah itu karena bentuknya ataupun karena kondisi buah tampak luar yang tidak indah lagi. Buah dengan kondisi ini biasanya dihindari oleh banyak orang. Mereka menganggap bahwa dengan kualitas seperti itu, tidak layak konsumsi. Padahal, jika dibelah, ketidaksempurnaan buah hanya terletak pada kulit luarnya saja.

Percaya atau tidak buah imperfect punya rasa yang sama dengan buah yang dijual di pasaran. Lalu, jika dalam satu karton terdapat buah seperti ini apa yang harus dilakukan. Jangan dibuang! Cerdas memanfaatkan buah imperfect.

Kamu bisa menjualnya dengan harga murah. Edukasi konsumenmu bahwa buah dengan tampilan seperti itu tetap layak konsumsi. Hal yang paling mengena untuk mengedukasi konsumen dengan cara membuat video.

JIka tidak memungkinkan untuk dijual, diolah menjadi aneka macam makanan lezat. Seperti dibuat jus, selai atau dikeringkan menjadi ragam kripik. Dengan diolah seperti ini, kamu bisa menjual dengan harga tinggi. Selain itu, buah menjadi lebih tahan lama.

Baca juga : Mencari Catering Harian yang Murah

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyedekahkan buah imperfect kepada yang membutuhkan. Tunggu dulu, jangan berpikir bahwa memberikan barang jelek ya. Barang yang disedekahkan tetap berkualitas, hanya saja dengan tampilan yang cacat.

Bila sudah tidak memungkinkan untuk dijual, diolah dan disedekahkan, buatlah pupuk organik dari buah tersebut. Dengan menjadikannya pupuk, akan memiliki nilai ekonomis tersendiri. Bisa dimanfaatkan sendiri atau dijual.

Bagaimana sangat mudah untuk dilakukan bukan? Apakah dengan melakukan ini dampaknya akan baik? Tentu saja. Selain mengurangi jumlah limbah, kita juga menolong petani untuk tetap hidup dan berkarya.

Mengolah buah imperfect tetap bernutrisi

Tidak ada perbedaan yang mendasar mengolah buah imperfect atau yang perfect. Hanya saja harus dipastikan buah dicuci bersih. Bila ada sebagian buah yang terlalu matang atau rusak dibuang saja, sisanya bisa dikonsumsi. Harus langsung di makan atau diolah, pasalnya buah akan menjadi tidak segar lagi. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here