Delima Menggoda Lahir Batin

0
12

Tak hanya warna kulitnya yang merah menggoda, khasiat delima juga memancing keinginan siapapun untuk menikmatinya. Wah, setuju ya kalau buah delima ini menggoda lahir batin?

Buah delima yang bernama latin punica granatum termasuk buah dengan antioksidan yang tiga kali lebih tinggi dari anggur dan teh hijau. Hal ini disebabkan karena mengandung berbagai jenis fitonutrien. Kandungan serat buah delima dalam 100 gram sebesar 4 gram sama dengan apel ukuran sedang. Padahal daging buahnya berair tidak sama dengan buah lainnya.

Selain itu, vitamin K-nya sangat tinggi, yaitu 16 mcg. Angka ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin K orang dewasa laki-laki loh. Awesome !

Lalu apa saja khasiat delima bagi kesehatan? Berikut khasiat delima yang berhasil dirangkum oleh Cerita Sekitar dari berbagai sumber.

Mengatasi Masalah Perut

Kulit buah delima, termasuk daunnya, ternyata bisa digunakan untuk menenangkan gangguan perut atau diare lho. Minum teh yang dibuat dari daun buah ini juga membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Jus delima juga dapat mengurangi masalah perut lainnya seperti disentri dan kolera.

Mencegah peradangan kronis

Manfaat buah delima bagi kesehatan yang pertama adalah memiliki sifat antiinflamasi. Peradangan kronis adalah salah satu pemicu utama sejumlah penyakit serius. Di antaranya penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, Alzheimer dan kegemukan. Delima memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sebagian besar dikarenakan sifat antioksidan dari punicalagins. Secara tidak langsung, konsumsi buah delima atau jus delima segar secara teratur akan menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Baca juga : Trik Bikin Daging Bebek Empuk dan Bebas Amis

Menurunkan tekanan darah

Buah dengan yang berasal dari timur tengah ini dapat menurunkan tekanan darah. caranya dengan mencegah aktivitas serum enzim pengubah angiotensin.

Melawan kanker prostat.

Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker. Kanker payudara, kanker paru hingga kanker kulit juga bisa diobati dengan buah delima.

Meningkatkan gairah seksual

Buah delima ini memang menggoda lahir batin untuk dinikmati. Bagaimana tidak? Delima juga bisa meningkatkan libido dan stamina seksual loh. Para penelili dari Queen Margaret University, telah membuktikannya. Laki-laki dan perempuan yang meminum segelas jus delima, kadar testosteronnya akan meningkat.

Buah kesukaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam ini, termasuk jenis yang musiman. Musim delima terjadi di bulan Oktober hingga Februari.

Lalu, bagaimana menemukan delima yang enak? Pilih buah yang matang dan berwarna dalam dengan kulit luar merah hingga coklat kemerahan. Delima yang disimpan lemari es tanpa dibelah, akan bertahan tiga hingga empat minggu tanpa dibuka. Jika sudah dibelah, maka harus segera dinikmati dan dapat bertahan dua sampai tiga hari. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here