Jumlah Wisatawan ke Sukabumi Meningkat

0
13

Karena pesonanya yang luar biasa, dari tahun 2010 hingga saat ini jumlah wisatawan ke Sukabumi meningkat. Apalagi saat ini, pemerintah setempat sedang gencar mempromosikan geowisata ‘Geopark Ciletuh’ yang jadi ikon wisata baru Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan Undang-undang No.10 tahun 2009 tentang kepariwisataan, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.

Sementara World Tourism Organization (WTO) memaknai pariwisata sebagai kegiatan manusia yang melakukan perjalanan ke dan tinggal didaerah tujuan di luar lingkungan kesehariannya.

Secara umum bisa diartikan, pariwisata adalah perjalanan wisata yang dilakukan secara berkali-kali atau berkeliling, baik secara terencana maupun tidak terencana yang dapat menghasilkan kepuasan lahir maupun batin bagi pelakunya.

Pariwisata di Sukabumi

Indonesia memiliki ragam wisata yang luar bisa. Mulai dari sejarah, alam dan budayanya. Lalu bagaimana dengan Sukabumi?

Sebagai salah satu kabupaten terluas setelah Banyuwangi, Sukabumi menyimpan sejuta pesona yang luar biasa, mulai dari sejarah, alam dan budayanya. Tidak heran, bila dari tahun ke tahun tren pariwisata di Sukabumi menunjukkan peningkatan.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan. Pada tahun 2014 arus kunjungan wisatawan domestik ke obyek wisata meningkat 6,93% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara untuk kunjungan wisatawan asing pada tahun 2014 mengalami kenaikan sebesar 51,26%.

Data terbaru, Januari – Oktober 2017, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) mencatat total kunjungan wisatawan mencapai 3.780.577 jiwa yang datang dari berbagai negara dan daerah. Untuk wisatawan mancanegara sudah mencapai 122.810 jiwa dan 3.657.767. Luar biasa!

Baca juga : 5 Tips Berkendara Aman bersama Mobil Astra Daihatsu Ayla

Diprediksi jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan meningkat di tahun mendatang, apalagi pemerintah daerah setempat sedang gencar mengembangkan paket geowisata ‘Geopark Ciletuh’ yang memiliki keunikan tersendiri dan tidak dimiliki daerah lain. Selain itu, merekrut tenaga-tenaga muda untuk dijadikan pramuwisata profesional sekaligus marketing wisata. cs

Pemerintah juga tengah memperbaiki infrastruktur berupa jalan, terminal, dan lainnya, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menuju daerah wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here