Kisah Perbedaan Gula Merah, Gula Aren dan Gula Palem

1
52

Meski berfungsi sebagai pemanis, kegunaan gula merah, gula aren, gula palem ternyata berbeda. Ini dia kisah perbedaan gula merah, gula aren dan gula palem.

Semua orang tahu soal gula merah, tapi hanya yang hobi masak yang mengerti bahwa gula merah itu memiliki banyak macam. Ada tiga jenis gula yang paling sering salah penyebutannya yaitu gula merah, gula aren dan gula palem atau orang biasa menyebutnya brown sugar.

Karena warna ketiganya yang hampir mirip, membuat banyak orang salah menyebutkannya. Apakah kamu salah satunya? Supaya tidak salah sebut lagi, yuk teliti apa saja perbedaan dari ketiganya.

  1. Gula merah

Gula yang satu ini pasti sudah tidak asing buat kamu. Gula merah atau disebut juga gula Jawa terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Warnanya cokelat gelap kemerah-merahan. Gula Jawa banyak dijual dalam bentuk silinder kecil yang padat.

Jenis ini mudah ditemui, baik di pasar tradisional, warung hingga supermarket. Selain itu, penduduk Jawa Tengah maupun Jawa Timur banyak menggunakan gula merah sebagai pemanis masakan atau minuman khasnya, seperti gudeg, getuk hingga gemblong.

Baca juga : Modal Usaha Bukan Hanya Uang

  1. Gula aren

Gula aren terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisiona dan dicetak dengan batok kelapa atau bambu. Warna dari jenis gula yang satu ini cokelat gelap, memiliki aroma yang khas, cita rasanya tergolong lebih manis dan ketika dicairkan teksturnya lebih legit.

Tidak semua warung menjual gula aren, karena harganya yang terbilang lebih mahal dibanding gula merah dan bahan baku nira yang mulai sulit didapatkan. Harganya sekitar Rp 11.000 untuk 10 pcs. Biasanya gula aren dijual dengan dibungkus daun kelapa. Kalau kamu berkunjung ke daerah, bisa saja menemukan gula aren di pasar tradisional setempat. Biasanya gula ini banyak ditemukan pada kuliner berkuah seperti wedang ronde/jahe, cendol, kolak juga bubur sumsum mutiara.

  1. Gula Palem/Brown Sugar

Gula yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda dari dua jenis di atas. Bentuknya seperti pasir hanya saja berwarna cokelat, teksturnya lebih halus. dibanding gula pasir. Ada juga yang menyebutnya gula semut. Gula ini dibuat dari nira atau sari batang tumbuhan palem.

Aromanya sangat khas dan wangi. Sering jadi campuran untuk minum teh atau kopi dan beberapa makanan tradisional ataupun kue modern. Gula palem bisa didapatkan di toko kue tradisional, supermarket dan toko online. Harganya sekitar 5.500 untuk 200 gram.

Kisah perbedaan gula merah, gula aren dan gula palem ini jadi membuat kamu jadi lebih mengerti dan paham kegunaan masing-masing gula tersebut kan?! sc

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here