Modal Usaha Bukan Hanya Uang

0
50

Modal usaha bukan hanya uang. Mindset ini yang harus ditanamkan dipikiran pengusaha pemula. Supaya, persentase pengusaha di Indonesia cepat meningkat, sehingga dapat mengalahkan negara tetangga.

Banyak orang berkeinginan memiliki usaha sendiri bahkan tidak sedikit yang punya mimpi menjadi pebisnis besar dan sukses. Sayang, kenyataannya kebanyakan mimpi dan keinginan terus berlanjut hanya menjadi wacana saja yang tak pernah terwujud, kenapa hal seperti ini bisa terjadi?

Banyak alasan yang mereka utarakan. Sebagian besar dari mereka menyebutkan kurangnya uang untuk memulai usaha. Padahal, modal usaha bukan hanya uang. Keahlian memasak, memiliki networking yang luas, mempunyai kreatifitas yang tinggi bisa juga sebagai modal awal membangun sebuah usaha. Inilah alasan yang kebanyakan kita dengar dari diri kita sendiri, sehingga merasa lebih aman bekerja dengan orang lain dan mendapatkan gaji.

Padahal tidak sedikit pebisnis yang berani mengawali dengan tindakan, berakhir dengan kegagalan namun mampu bangkit kembali dan meneruskan perjuangannya hingga berhasil dan mampu berdiri dengan nilai pendapatan yang produktif hanya bermodalkan kreatifitas.

Jika ada niat untuk membangun usaha, segera wujudkan. Jangan ditunda-tunda. Soal kekurangan modal, keahlian belum mumpuni dan sebagainya, semua itu bisa terpenuhi sambil berjalan. Asal memiliki keyakinan dan keinginan yang kuat. Setelah memulai kemudian menemukan kegagalan, tak mengapa. Jadikan hal tersebut pelajaran untuk bangkit kembali.

Apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha setelah memiliki modal?

  1. Baca peluang.Peluang usaha ini bisa bersumber dari mana saja, baik itu datang dari adanya kebutuhan individu atau masyarakat sekitar. Maka dari itu, sebelum memulai usaha ada baiknya jawab pertanyaan berikut:“Apakah yang menjadi kebutuhan masyarakat atau kebanyakan anggota masyarakat saat ini atau di masa yang akan datang?”
  2. Tetapkan harga jual.Sebelum menjual produk baiknya tentukan dulu harga pokok penjualan (HPP). Jangan asal menetapkan harga jual. Karena ingin merebut konsumen, Anda mematok harga lebih murah dari pesaing. Bisa saja kan karena kualitas bahan baku yang tinggi membuat harga jual produk Anda lebih mahal.
  3. Buat strategi pemasaran atau marketing.Banyak ahli pemasaran mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Bagaimana memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen? Lakukan sesuai karakteristik produk dan kesanggupan masing-masing.
  4. Review bisnis secara berkala agar bisnis tumbuh dan berkembang.
  5. Terus tingkatkan pengetahuan mengenai bisnis yang digeluti. Agar bisnis sellau tumbuh dan berkembang.

Setelah membaca artikel di atas, semoga mindset modal usaha bukan hanya uang terus tertanam dan ditularkan kepada yang lain. Selamat berbisnis! sc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here