Pintar Memilih Buah dan Sayur Impor

0
8
cerdas memilih buah sayur impor

Pintar memilih buah dan sayur impor itu mah harus. Jangan sampai memilih buah dan sayur yang berkualitas buruk. Kesehatan yang jadi taruhannya.

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari memang sangat menyehatkan tubuh. Apalagi jika buah (fruits) dan sayur (vegetables) tersebut memiliki kualitas prima. Namun saat ini banyak isu negatif seputar buah dan sayur, terutama buah dan sayur impor yang beredar di kalangan masyarakat. Seperti penggunaan bahan kimia, penggunaan lilin, dan sebagainya. Tentu, isu-isu negatif tersebut membuat kita khawatir memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi. Lantas, bagaimana menyiasatinya?

Begini Triknya

Untuk menjawab semua kekhawatiran masyarakat terkait isu negatif seputar buah dan sayur impor, ada baiknya Anda memperhatikan tips pintar memilih buah dan sayur impor berikut ini, agar Anda tak salah memilih buah dan sayur impor yang layak dan aman untuk dikonsumsi.

  • Waktu pembelian

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli buah dan sayur impor adalah dengan memperhatikan waktu pembelian. Buah dan sayur impor biasanya datang pada bulan September, Oktober, hingga Januari. Ini artinya, buah dan sayur yang masuk sebelum bulan tersebut adalah buah produksi tahun sebelumnya.

  • Kode buah dan sayur

Setiap buah dan sayur impor yang diperjual-belikan di supermarket, biasanya ditempeli dengan stiker atau label yang berisi angka-angka. Angka-angka ini bukanlah sembarang angka, melainkan memiliki arti tersendiri. Biasanya angka yang terdapat pada label tersebut terdiri dari 4 sampai 5 angka. Empat angka artinya buah konvensional yang ditanam dengan pupuk pestisida dan tidak organik, sedangkan lima angka yang dimulai dengan angka 8 berarti konvensional, tidak organik dan modifikasi genetik (tidak alami lagi). Sementara label yang dimulai dengan angka 9 mengisyaratkan buah tersebut organik.

  • Perhatikan penampilan fisik buah dan sayurnya

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah penampilan fisik buah dan sayurnya secara langsung. Anda bisa mengamati bekas pestisida yang ada pada buah dan sayur dengan melihat seperti serbuk putih tak lazim yang terdapat di buah dan sayur.

  • Perhatikan buah saat pertama kali dibuka

Sebelum membeli buah dan sayur impor di supermarket, biasanya Anda bisa meminta tester atau mencoba buah gratis. Nah, pada saat akan mencoba gratis tersebut, ada baiknya untuk memperhatikan buah saat pertama kali dibuka. Jika Anda mendapati bekas coklat-coklat atau penampilan yang tidak lazim, maka disarankan untuk mengurungkan niat membeli buah dan sayur tersebut.

Baca juga : Trik Bikin Katering Banjir Orderan

  • Pilih buah dan sayur yang sedikit berlubang atau robek

Kebanyakan, buah dan sayur impor memiliki penampilan cantik yang memukau banyak mata. Sebaiknya Anda menghindari buah dan sayur yang penampilannya sangat sempurna, mengkilat dan cantik. Pilih buah dan sayur yang sedikit berlubang atau robek, sebagai penanda bekas gigitan ulat dan hama.

Setelah membaca artikel ini, sudah makin pintar memilih buah dan sayur impor kan? Tetap sehat dan cerdas ya. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here