Lebaran Mau Masak Apa?

0
9
opor and ketupat makanan wajib saat lebaran

Meski belum boleh mudik, rasa kampung halaman bisa juga hadir di rumah kamu. Caranya hidangkan makanan khas. Jadi lebaran mau masak apa?

Ramadan dalam situasi pandemi karena virus covid-19 memang berbeda. Rencana mudik yang mungkin sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari harus terlebih dahulu ditunda. Karena mudik menjadi salah satu momen keluarga yang memungkinkan seluruh anggota keluarga berkumpul untuk melepas rindu setelah lama terpisah dengan kesibukan masing-masing.

Baca juga : Atasi Lapar dengan 6 Langkah Jitu

Meski sedih tetap harus happy ngejalanin lebarannya ya karena suasana kampung halaman bisa kok dibawa ke rumah. Caranya, hidupkan lagi aroma-aroma hidangan lebaran khas kampung halaman di rumah meskipun nggak bisa mudik tapi masakanya tetap bisa kok dinikmati. Binggung? Lebaran mau masak apa?

Menu Lebaran Lezat

1. Apalah arti lebaran tanpa ketupat

Suasana Lebaran hampir kurang lengkap tanpa hidangan ketupat. Menurut asal-usulnya ternyata hidangan ini telah menjadi hidangan khas lebaran sejak abad ke-15 lho. Nggak hanya karena kelezatan yang berasal dari lembutnya ketupat, hidangan ini dianggap memiliki filosofis sendiri yang bermakna ‘ngaku lepat’ atau mengakui kesalahan. Wah, maknanya dalam ya !

2. Gulai ayam padang, meriahkan suasana lebaran

Siapa yang tak kenal gurihnya gulai ayam khas Minang ? Gulai ayam ini punya ciri khas berbeda dengan hidangan gulai lainnya. Warnanya yang kuning kemerahan juga santannya yang pekat membuatnya sulit untuk ditolak. Beberapa rempah yang menjadikannya berbeda antara lain jintan, asam Jawa, cengkih, dan kayu manis, terasa lebih segar karena wangi daun jeruk.

3. Opor ayam, menu lebaran paling wajib

Untuk pecinta opor, sajian ini bisa ditwist menjadi lebih spesial. Jika biasanya opor ayam diolah bersama santan kali ini dapat mengganti santan dengan susu rendah lemak. Teksturnya memang sedikit berbeda, tapi tentunya lebih sehat dan rendah kolesterol. Susu yang digunakan adalah susu cair rendah lemak. Cara memasaknya tidak jauh berbeda kok dengan opor ayam.

4. Coto makassar, satu yang khas dari sulawesi

Hidangan Nusantara lainnya yang bisa disajikan di Hari Raya adalah coto Makassar. Hidangan berkuah pekat ini juga cocok, lho ! dimakan bersama ketupat. Bahkan, rasanya bisa lebih legit. Jika ingin lebih sehat, boleh kok menggunakan daging sapi khas dalam yang minim lemak. Coto Makassar siap dihidangkan dengan lebih spesial dan juga lebih sehat.

5. Sambal goreng ati bikin makanan jadi makin sedap

Sambal goreng ati jadi sebuah hidangan wajib yang mesti ada di meja makan nih, apalagi untuk pencinta rasa pedas. Sambal goreng ati sendiri terdiri dari kentang dan hati sapi yang dipotong berbentuk dadu kemudian dimasak dengan sambal cabai merah. Saat menyantap, jangan lupa lengkapi dengan satu atau dua kerupuk udang ya. Pasti makin lezat! Setelah berpuasa selama sebulan penuh, umat Muslim siap menyambut hari kemenangan. Biasanya makanan yang disajikan adalah masakan bersantan dan aneka kue kering. Nah, karena Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata tentu pasti sibuk menyiapkan rencana menu. Jika masih binggung soal menu lebaran, menu masakan diatas boleh dicoba ya! cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here