Corona Ternyata Ganggu Stabilitas Kehidupan Manusia

0
13

Corona ternyata ganggu stabilitas kehidupan manusia, mula dari kesehatan, juga pendidikan, perekonomian hingga pariwisata. Wajar saja, karena bukan satu atau 3 negara yang warganya terserang virus ini, tetapi sudah 118 negara.

Bidang Kehidupan yang Terganggu

Tak perlu jauh-jauh membahas efek corona hingga ke luar negeri. Di Indonesia saja, di bidang kesehatan pemerintah sudah menyediakan rumah sakit bagi penderita corona dan menanggung biaya yang timbul. Masyarakat pun dihimbau untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan jika baru kembali dari luar negeri.

Di bidang Pendidikan pemerintah sudah menerbitkan 15 protokol penangan Covid-19. Diantaranya menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol di berbagai lokasi strategis di sekolah.

Pemerintah juga menginstruksikan membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektan, khususnya handel pintu, saklar lampu, computer, meja, dll. Ada poin juga yang mengatakan , agar saling menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan, dll).

Di bidang ekonomi, pemerintah melalui kementerian keuangan sedang menyiapkan stimulus fiscal jilid II yang terdiri dari delapan aspek procedural yaitu penyederhanaan aturan ekspor dan pengurangan pembatasan impor terutama bahan baku. Kemudian percepatan proses impor untuk 500 importir buah juga bidang lainnya, efisiensi proses logistik, penghapusan sementara PPh Badan dan UMKM, relaksasi bea masuk, penurunan tarif PPN dan subsidi pajak.

Baca juga : Bebas Diabetes, Ganti Empat Jenis Makanan Ini

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan kondisi ini tidak bisa dilakukan sendiri, kita harus bersinergi dengan semua pihak. Selain itu juga harus segera menemukan sumber baru yang dapat dijadikan penunjang pertumbuhan ekonomi tanah air ketika sedang tertekan akibat virus corona.

Pariwisata Indonesia kian lesu akibat corona ini, sehingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) memutuskan untuk menunda pemberian insentif dan promosi ke beberapa negara terdampak wabah. Tetapi Kemenkraf dan Keuangan bersinergi akan memberikan insentif kepada 36 kabupaten yang terkena dampak.

Sebelumnya, pemerintah sudah memberikan subsidi kepada maskapai untuk memberikan diskon harga tiket pesawat hingga 50 persen untuk destinasi wisata favorit, seperti Lombok, Bali, Labuan Bajo dan lainnya.

Terbuktikan?! Kehadiran corona ternyata ganggu stabilitas kehidupan manusia. Maka jaga kesehatan dan selalu berdoa agar Allah memberikan pertolongan kepada kita semua. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here