Bebas Diabetes, Ganti Empat Jenis Makanan Ini

0
14
bebas diabetes ganti empat jenis makanan ini
Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Selain kanker, diabetes kini jadi penyakit yang diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Bebas diabetes, masyarakat mulai ganti empat jenis makanan ini.

Begitu mencengangkan. International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan sampai tahun 2017, sekitar 425 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. Sementara di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik hingga tahun 2018 diperkirakan penderita diabetes mencapai 10,9% atau sekitar 21.135.591 jiwa

Akan tetapi, angka ini belum fix. Mengingat tidak semua penderita diabetes terdiagnosis oleh dokter. DKI Jakarta, Yogyakarta dan Kalimantan Timur merupakan propinsi yang paling banyak menyumbang penderita diabetes.

Penyakit diabetes mellitus yang disingkat dengan DM ini sebenarnya memiliki 2 tipe. DM tipe 1 yang disebabkan oleh kerusakan pada sel pancreas. DM tipe 2 akibat ketidakmampuan tubuh merespons hormon insulin. Sekitar 90% kasus diabetes di Indonesia merupakan diabetes tipe 2. Penyebab terbesar DM tipe 2 adalah gaya hidup dan pola makan.

Perbaiki Pola Makan

Dengan pola makan yang salah, siapa pun berpotensi menjadi penderita diabetes. Untuk itu, perhatikan setiap jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin bebas diabetes dan hidup lebih sehat, ganti empat jenis makanan ini;

Gula Rafinasi

Merupakan gula yang telah melewati proses panjang sebelum bisa dikonsumsi sehari-hari. Tingkat kemurniannya tinggi. Cirinya, berpasir dan berwarna putih bersih. Gula rafinasi banyak digemari masyarakat karena penampilannya. Tapi sayang, cukup berbahaya bagi tubuh. Dimana dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam waktu cepat, meningkatkan risiko diabetes dan masalah penyakit lainnya.

Baca juga : Pintar Memilih Buah dan Sayur Impor

Tepung Terigu

Pakar Teknologi Pangan A&M Texas University Nur Mahmudi Ismail mengatakan, terigu adalah makanan jahat di dunia. Memiliki glikemiks indeks tertinggi dan tentu saja berisiko diabetes. Selain itu, tepung terigu mengandung rendah nutrisi. Selama proses pembuatan tepung terigu, kulit ari pertama akan dihapus. Kemudian bakteri yang mengandung sekitar 76% vitamin dan mineral menghilang. Dan selanjutnya, 97% serat makanan, 50% kalsium, dan 70% fosfor juga akan hilang.

Penelitian yang dilansir dari boldsky.com menunjukkan bahwa asam folat yang ditambahkan ke dalam tepung mampu memberikan dampak merugikan untuk kesehatan payudara. Belum lagi ada tambahan kalium bromate dan aloksan.

Minyak Sayur

Minyak sayur dengan kandungan lemak jenuh tinggi tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Belum lagi jenis asam lemak omega-6 dari minyak nabati ini bisa memicu peradangan.

Nasi putih

Walau jadi makanan pokok masyarakat Indonesia, ternyata nasi putih berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi berlebih. Alasannya, kandungan serat nasi putih rendah. Dibanding jenis lainnya, nasi putih punya indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan gula darah. cs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here