Tetap Efektif Jualan dengan Algoritma Instagram 2019

1
45
jualan efektif di Instagram

Love, comment dan repost konten Instagram Anda makin turun? Stop frustasi? Cek dulu cara kerja algoritma Instagram 2019. Biar jualan online tetap efektif.

Algoritma tak hanya dikenal di dunia search engine. Sejak 2016, Instagram juga menggunakan algoritma untuk menentukan siapa yang benar-benar melihat konten yang diterbitkan dan siapa yang tidak.

Faktanya, algoritma ini sering berubah. Dengan demikian strategi pemasaran yang kemarin diterapkan bisa jadi kurang efektif saat ini. Maka, strategi harus berubah dan berkembang juga. Terutama bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis.

Jangan terlalu khawatir, dengan perubahan ini. Karena Instagram secara resmi juga memberikan informasi trik dan tips, sehingga para penggunanya bisa lebih maksimal memanfaatkan media sosial sebagai salah satu channel marketing.

Begini Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

Pada Juni 2018 lalu, secara resmi Instagram mengumumkan lagi perubahan cara kerja algoritmanya. Dimana Instagram memprioritaskan konten sesuai dengan followernya. Ada tiga catatan penting yang harus diperhatikan bagi Anda para marketer

Relevansi konten (minat). Instagram memprioritaskan konten yang paling relevan dengan followernya. Jadi konten yang sangat relevan akan berada paling atas, sementara konten lainnya diposisikan lebih jauh ke bawah. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memahami apa minat atau kesukaan dari follower akun.

Waktu. Postingan baru akan disukai dan didorong ke bagian atas feed, sementara postingan lama akan muncul sedikit lebih jauh. Untuk itu, Anda harus sering posting konten terutama di jam-jam dimana follower aktif. Untuk mengetahui kapan follower aktif, Instagram sudah menyediakan halaman ini di bagian insight.

Relationship dengan follower. Bila follower Anda tertentu telah menjalin interaksi berupa (love, comment, tag, save, repost, direct messaage) dengan konten di masa lalu, maka mereka akan cenderung selalu melihat konten Anda di masa mendatang.

Jangan lupa, Anda juga bisa meninggalkan jejak di beberapa postingan yang terkait dengan follower Anda atau beberapa postingan yang diminati oleh follower Anda, influencer dan lainnya yang terkait dnegan konten Anda. Sehingga algoritma akan membaca hal tersebut. Efeknya, postingan Anda akan terlihat ketika follower membuka Instagram.

Baca juga : Begini Cara Jualan di Facebook dan Instagram

Jawab cepat comment dan DM. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana Anda membangun relationship dengan follower. Semakin cepat Anda membalas comment atau DM maka algoritma akan menaikkan level feed Anda mudah terlihat oleh follower.

Gunakan tagar (tanda pagar). Pakai tagar yang sesuai dengan konten Anda dan tagar-tagar yang sedang viral atau hits. Karena bisa dengan demikian memudahkan Anda mendapatkan follower baru. Ditambahkan juga tagar yang terkait dengan konten atau produk Anda, sehingga memancing mereka untuk ikut menggunakannya.

Instastory. Manfaatkan fitur ini untuk membangun interaksi dengan follower.

Repost postingan lama. Cara ini juga bisa dipakai untuk Anda menaikkan traffic dan interaksi dengan follower. Bahkan bisa sekaligus mengingatkan kembali akan postingan lama yang Anda. Oia, pastikan masih sesuai dengan cerita saat ini ya.

Algoritma Instagram akan selalu berubah. Disinilah kemampuan Anda diuji. Selama masih jualan dengan channel ini, otomatis strategi harus ikut berubah mengikuti perkembangan. Jika tidak, toko buah atau catering nasi kuning Anda akan sepi pembeli. Semoga jualan Anda di Instagram tetap efektif meski algoritma 2019 telah berubah. cs

berbagai sumber : http://bit.ly/2Mr6lVJ

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here